Wednesday, September 9, 2015

7 Makanan Cirebon Yang Patut di Cirebon.


Jakarta -

Suka traveling? Suka kuliner? Cirebon bisa jadi salah satu tempat rekomendasi sobat Souja untuk berlibur. Apalagi jarak Jakarta dan Cirebon sekarang ini bisa ditempuh melalui kereta atau mobil pribadi lewat tol Cipali. Karena selain sobat Souja bisa melihat bangunan bersejarah, disana juga terkenal dengan surganya makanan. Yuk cek, apa


Jakarta -

Suka traveling? Suka kuliner? Cirebon bisa jadi salah satu tempat rekomendasi sobat Souja untuk berlibur. Apalagi jarak Jakarta dan Cirebon sekarang ini bisa ditempuh melalui kereta atau mobil pribadi lewat tol Cipali. Karena selain sobat Souja bisa melihat bangunan bersejarah, disana juga terkenal dengan surganya makanan. Yuk cek, apa saja yang bisa kita makan disana.

1.Jamblang
Jamblang merupakan makanan yang dicari oleh para turis ketika mengujungi Cirebon. Dan makanan ciri khas Cirebon yang banyak di kenal di Indonesia. Makanan ini terdiri dari banyak variasi lauk pauk, tempe, tahu, daging, telor, sate kentang, sambal goreng, ikan asin, tahu sayur,dsb. Sobat Souja pasti akan bingung dengan variasi yang disajikan makanan ini. Selain enak, makanan ini pun termasuk murah. Rumah makan jamblang terkenal di Cirebon, yaitu Jamblang Mang Dul dan Jamblang Nur. Dan buat sobat Souja yang datang ke Cirebon, patut untuk mencobanya.

2.Empal Gentong
Empal gentong merupakan makanan ciri khas Cirebon yang banyak di gemari. Bisa dibilang ini merupakan soto ciri khas Cirebon. Empal gentong terdiri dari daging sapi, kucai, dan kuahnya tidak memakai santan. Dan rasanya menggugah selera anda. Empal gentong rekomendasi di Cirebon adalah Empal Mang Dharma. Ataupun kalian bisa mengunjungi pasar Kanoman Cirebon selain kalian bisa menemukan penjual empal gentong, disana kalian bisa membeli oleh-oleh khas cirebon juga.

3.Gado-Gado Uleg
Kalian penyuka sayuran? Kalian patut mencoba Gado-gado ulek Cirebon. Dengan bumbu kacang yang menggugah dicampur dengan sayur-sayuran yang segar membuat makanan ini enak untuk di santap. Gado-gado uleg yang terkenal di Cirebon adalah gado-gado uleg ampera dan gado-gado uleg alas demang.

4.Nasi Lengko
Nasi lengko makanan yang terdiri dari tempe, tahu, toge, kuca, bumbu kacang ini, harus kalian coba ketika ke Cirebon. Dan makanan ini cocok di santap bersama sate kambing, sehingga jangan heran ketika kalian mengunjungi penjual nasi lengko , kalian akan ditawarkan juga sate kambing. Nasi lengko yang terkenal di Cirebon adalah nasi lengko bahagia dan nasi lengko pagongan.

5.Tahu Gejrot
Tahu gejrok cemilan yang harus kalian coba di Cirebon. Ciri khas tahu gejrot ini terletak di kuahnya, apalagi di campur cabe rawit dan bawang, membuat makanan ini semakin lengkap. Dan banyak juga wisatawan yang membawa makanan ini menjadi oleh-oleh buat keluarga di rumah. Tahu gejrot yang terkenal di Cirebon, ada di depan manisan Shinta yang terletak di area pasar kanoman juga.

6.Mie Koclok
Mie koclok, makanan yang terdiri ayam, kol, toge, mie, dan kuahnya itu kental dan putih. Ciri khas mie koclok itu ada di kuahnya yang putih, kental dan gurih. Biasanya hanya ada di malam hari, sehingga bisa menjadi pilihan makan malam kalian ketika di Cirebon. Mie koclok yang terkenal di Cirebon ada di Mie koclok Eddie Lawangga dan Mie koclok Panjunan.

7.Mie Yamien
Mie yamien di cirebon terdiri dari mie , ayam, daun bawang. Biasanya memiliki 3 varian rasa, ada rasa manis, asin, dan sedang. Kalian bisa menambahkan makanan ini dengan siomay, baso, baso tahu atau pangsit. Salah satu makanan mie ayam rekomendasi adalah Mie Pow yang berada di depan Grage, pusat perbelanjaan Cirebon, di Jalan Cipto. Mie yang mereka pakai adalah mie yang mereka buat sendiri, dan jangan lupa mencoba baso tahu sebagai pendamping mie ayam ini.

Diatas tadi merupakan rekomendasi makanan dari kami buat semua sobat Souja yang ingin mengunjungi Cirebon. Selagi di cirebon, sobat Souja patut mencoba semua makanan tersebut. Selamat berlibur dan selamat berkuliner, Sobat Souja.

Sumber : http://bit.ly/1Ljbsv6[dot]-.html&kat=6&id=NzMyMQ==
[1]

References

  1. ^http://bit.ly/1Ljbsv6 (m.kaskus.co.id)

SUMBER

No comments:

Post a Comment